[ O n e i ]

memandang melihat memperhatikan

Apakah Plasma itu?

Posted by Onei Hercuantoro pada Juni 5, 2008

Plasma dalam arti luas di bidang ilmu fisika diskripsinya adalah cahaya yang bermuatan. Akhir-akhir ini sudah marak berkembang penelitian yang bertemakan plasma.

Plasma adalah gas yang sedikit terionisasi yang terdiri dari kumpulan spesies elektron, ion, dan atom dan molekul netral dimana jumlah pembawa muatan positif dan negatif hampir sama. Terdapat banyak sekali tipe plasma, alami atau buatan, membentang dari bintang, matahari dan corona, dan ionosfere bumi sampai ke rejim arc bertekanan tinggi, tabung kejut, dan reaktor fusi. Perbedaan utama antara tipe-tipe plasma terletak pada densitas elektron dan energi elektron rata-rata. Pada lingkungan yang renggang seperti di angkasa luar, densitas elektron biasanya lebih kecil daripada 107 cm-3, sedangkan didalam eksperimen, densitas yang mendekati 1020 telah terealisasi pada plasma tekanan tinggi buatan.

Dua daerah yang paling mendapat perhatian untuk aplikasi plasma dalam industri adalah glow discharge dan arc ditunjukkan dengan daerah yang diarsir. Plasma yang dihasilkan pada daerah tersebut dicirikan dengan suhu elektron rata-rata 1-10 eV (1 eV = 11604 K) dan densitas elektron 108 – 1014 cm-3. Kita liihat bahwa elektron memiliki suhu yang sangat tinggi. Akan tetapi, karena jumlahnya sedikit, kandungan panasnya kecil dan dinding wadah tidak memanas. Suhu elektron yang sangat tinggi tersebut menyebabkan plasma bermanfaat didalam pemrosesan semikonduktor untuk menggerakkan proses kimia dan lainnya.

Plasma bisa dibuat dengan mensuplai cukup energi untuk memisahkan elektron dari atomnya. Energi tersebut bisa berasal dari berbagai sumber yang meliputi panas, listrik, atau cahaya (cahay ultra ungu atau cahaya tampak berintensitas tinggi dari laser). Jika power yang diberikan tidak mencukupi, plasma bergabung kembali menjadi gas netral. Dalam aplikasi industri, metoda yang paling banyak digunakan untuk membuat plasma adalah dengan memberikan medan listrik.Metoda dengan memberikan medan listrik tersebut bisa dikelompokkan sebagai discharge arus searah (DC) (0-100 Hz), discharge frekuensi tinggi (100 Hz-1 GHz), dan discharge gelombang mikro (> 1 GHz). Akhir-akhir ini, plasma frekuensi radio (rf) dengan gelombang 13,56 MHz telah banyak digunakan dalam fabrikasi devais semikonduktor untuk deposisi, etching, sputtering film tipis dengan rentang tekanan dari beberapa mTorr sampai kira-kira 10 Torr. Plasma rf lebih efisien dibandingkan dengan plasma DC dalam mempromosikan ionisasi. Power rf bisa diberikan ke reaktor dengan cara sebuah koil atau sepasang pelat kapasitor. Kedua bentuk koupling tersebut disebut masing-masing sebagai koupling induksi dan kapasitive.

Plasma telah digunakan untuk banyak aplikasi. Implikasi plasma untuk ilmu dan teknologi abad 21 maupun untuk kehidupan sehari-hari sangat menonjol. Barangkali kita tidak menyadari bahwa lampu neon yang kita gunakan dirumah kita, ada pancaran plasma. Plasmalah yang mengubah tenaga listrik menjadi sebuah bentuk yang menyebabkan lapisan fosfor pada dinding lampu menghasilkan cahaya yang kita lihat.

Gambar yang dibawah menunjukkan sebuah lampu neon dimana lapisan fosfornya dibuang untuk menampakkan pancaran biru plasma didalam, dan sebuah layar datar plasma sebagai monitor untuk menciptakan gambar yang sempurna.

Banyak produk yang dibuat dengan memanfaatkan plasma yang berdampak pada kehidupan kita sehari-hari. Beberapa contoh diberikan dibawah yang meliputi:

  • Computer chips and integrated circuits
  • Computer hard drives
  • Electronics
  • Machine tools
  • Medical implants and prosthetics
  • Audio and video tapes
  • Aircraft and automobile engine parts
  • Printing on plastic food containers
  • Energy-efficient window coatings
  • Safe drinking water

(sumber : http://www.geocities.com/setyajp/index.htm)

2 Tanggapan to “Apakah Plasma itu?”

  1. hary said

    nice post!
    pas sama yg aku cari…

  2. My brother recommended I may like this web site. He used to be entirely right.
    This post truly made my day. You cann’t consider just how much time
    I had spent for this information! Thanks!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: